Friday 14 September 2012

Me and My Rose Trilogy With NULIS BUKU



Hai, aku Maria U.T , mungkin di dunia Westlifer Indonesia  aku sudah dikenal sebagai penulis novel Rose Trilogy  A Westlife Fanfiction, novel fanfiksi Westlife. Naskah yang sudah kubuat di tahun 2001-2004, dan itu adalah berkat bantuan nulisbuku.com yang mewujudkan cita-cita-ku untuk menerbit naskah novel Westlife yang sudah terpendam selama 8 tahun di computerku dan berjamur tak bermanfaat. Oke, mari kita kesampingkan boleh tidak-nya sebuah naskah fanfiksi itu diterbitkan atau tidak, dan izinkan saya bercerita bagaimana pertemuan saya dengan my situs ‘saviour’ nulisbuku.com, pewujud impian hidupku, dan telah membantuku menerbit empat novel saya dalam kurun 11 bulan.

 My Rose Trilogy Novel
 
 
Tanggal 8 April 2011 adalah hari pertama aku menulis email kepada admin nulis buku setelah menemukan situs itu pada hari itu juga. Hari itu memang aku sedang hampir putus asa, mencari-cari di internet penerbit-penerbit mana yang bisa saya masuki, baik nasional maupun internasional. Akhirnya munculah itu situs nulis buku.com dengan konsep self publishing. Kubaca baik-baik konsep yang mereka tawarkan. Nah saat ada yang tidak mengerti, langsung aku kirim email.
Berikut cuplikan email pertamaku :

“Hallo, mbak, mas... Salam kenal, saya Maria dari Bandung, Tidak terkira bagaimana senangnya saya menemukan situs ini...:D, saya memang sudah lama berniat untuk menerbitkan buku novel saya, tapi belum ada penerbit yang menerima, dan saya akan senang sekali jika 'nulis buku' dapat membantu saya. Tapi ada satu pertanyaan yang ingin saya tanyakan, apakah, naskah yang masuk akan melalui edit naskah (edit untuk penulisan, kesalahan penulisan huruf etc) atau sudah menjadi tanggung jawab penulis? karena kalau benar, saya harus benar-benar mengedit ulang naskah yang akan saya upload di sini... mohon informasinya ... terima kasih Maria / Upiek”

Dan langsung dijawab :

Dear Maria,
Senang mendengarnya :)
Untuk informasi, konsepnya adalah self publishing artinya penulis yang menjadi penerbit sekaligus yang memasarkan sendiri bukunya. Jadi, semua naskah yang di upload, sudah dalam keadaan siap dicetak dan penulis perlu mengeditnya sendiri.
Semoga menjawab.
Salam,
Admin

Girang bukan kepalang, menemukan situs ‘savior ‘ini , admin-nya pun sabarnya bukan main, aku tanya ini itu, dijawabnya dengan sabar dan jelas, total dalam satu hari, kita berkorespondensi sebanyak 6 kali balas-balasan – dan semuanya menjadi jelas.  Sooo…, aku kebut itu revisi untuk satu novel pembuka-ku yang memang sudah lama aku penasaran ingin menerbitkanya.


                Naskah pertamaku Berjudul ‘Brother’s Love’ upload tanggal 26 Mei 2011, dan aku super puas dengan hasilnya, meski memang masih butuh revisi sana-sini karena isi sepenuhnya tanggung jawab penulis. Dan setelah, secara resmi didisplay di etalase NULISBUKU pada 5 Juli 2011 dan siap dipesan. Alhamdulillah sudah terjual  5 kopi.  Memang tidak banyak, tapi itu sudah cukup untukku, sebagai batu loncatan pertama sebagai pemacu percaya diri untuk novelku berikutnya.

 My First Novel 'Brother's Love' 

                Namun sebenarnya, tonggak bersejarahku dalam menerbitkan novelku adalah saat keberanianku untuk menerbitkan naskah novel Westlife yang kubuat sekitar tahun 2001-2004. Semua bermula dari perkenalanku dengan anak-anak westlifer Indonesia di bulan Juli 2011 menjelang kedatangan Westlife konser di Indonesia Oktober tahun kemarin. Secara iseng  aku menawarkan mereka untuk membaca fanficku. Ada 4 anak yang kuberikan naskah dan membiarkan mereka membaca dan menilainya. Keempatnya itu berbeda usia, mulai dari SMP, SMA hingga Karyawan, bahkan ada Ibu rumah tangga. Dan mereka sangat menyukainya. Merekalah yang mendorongku untuk menerbitkannya, toh aku sudah kenal dengan nulis buku yang pastinya akan memudahkanku penerbitannya. Juga dengan dukungan Ketua Westlife Indonesia ‘Shahnaz Mulla’ yang mengizinkanku menerbitkan novel ini, aku pun percaya diri, ditambah dengan akan datangnya Westlife ke Indonesia. Semakin bersemangat aku, dan berusaha terbit sebelum 5 Oktober atau sebelum mereka konser.

                Tapi yaaa, apa daya, tidak sesuai rencana. Revisiku lama selesainya, karena bertepatan akupun menjadi translator untuk sebuah novel luar penerbit major besar Indonesia, ditambah aku mematangkan cover buku semanis mungkin. Oh, untuk cover…, aku hanya mencari di situs wallpaper dan memilih yang manis bagus, dan sesuai dengan hati juga isi novelku. Baru setelah itu aku edit di corel, khususnya untuk seting penulisan dan bentuk huruf  yang pas. Warna buku juga hasil masukan dari mereka yang telah membaca naskahnya, ditentukan dari plot dan klimaks ceritanya. Untuk foto? Ini juga hasil pemilihan beberapa  westlifer yang kutanya, foto mana yang paling pas untuk serie yang mana. Seru pokoknya!!  Soooo, upload naskahpun baru dapat dilakukan pada tanggal 7 November 2011-  (telat sebulan saudara-saudara!!!), naskah Rose Trilogy Pertamaku : ‘Lovely Rose 1st Rose Trilogy’ – A Westlife Fanfiction, setebal 424 halaman. 

 My "Lovely Rose 1st Rose Trilogy"

                Tapi itu tak jadi penghalang. Karena sebelum naskah dibuat pun, aku sudah sounding ke anak-anak westlifer bahwa akan terbit novel Fanfiction Westlife, dan Alhamdulillah, sudah 10 orang yang preorder . Senangnya bukan main. Jadi begitu novel terdisplay dan dapat dipesan, itu sudah paling tidak minimal 5 kopi keluar. Dan hingga Mei 2012 kemarin, sudah 43 kopi buku terjual. Dan promo akhir tahun yang member diskon 20% sangatlah membantu, karena aku bisa langsung membeli 15 kopi sekaligus tepat di detik-detik promo  berakhir tanggal 30 Desember 2011

                Setelah trilogy pertama keluar, aku kebut untuk mengejar trilogy kedua dan ketiga terbit.  Sooo, Tanggal 7 Januari 2012  terbit buku kedua ‘Trully Rose 2nd Rose Trilogy’  setebal 555 halaman, dan buku ketiga ‘Perfect Rose’ 3rd Rose Trilogy’ tanggal 9 Maret 2012, setebal 341 halaman. Alhamdulillah buku kedua sudah keluar 8 kopi dan buku ke-tiga sebanyak 13 kopi. 

 My "Trully Rose 2nd Rose Trilogy "


 My "Perfect Rose 3rd Rose Trilogy"

Total keseluruhan novel saya yang telah keluar, khususnya Trilogy Rose adalah 66 eksp. Itu sangat sangat jauh di atas ekspektasiku, yang tidak mengira akan ada yang menyukai novelku. Tapi dari komen-koment mereka yang telah membaca sangat mencengangkan. Mereka sangat menyukainya. Mereka bilang, sangat menguras emosi, berbeda dengan fanfic-fanfic yang ada, dan yang pasati membuat mereka semakin menyukai westlife hehhheehe. Beberapa koment disampaikan melalui tweet maupun FB ataupun secara personal. Yang lebih parah, adalah ada beberapa yang menggunaka tokoh-tokoh di novel menjadi obrolan sehari-hari mereka. Ciaran, Finnian, Keavy,  dan khususnya Kee-an, seperti sudah masuk ke dalam kehidupan. Bahkan ada yang memanggilku dengan Tante Keavy heheehheehe ..






Some of their comments on twitter - on my timeline :) 

Pertemuanku dengan para pembacaku terjadi pada saat nonton bareng ‘Konser farewell’ di BLITZ Jakarta- meski tidak sampai ada foto session (gubrak, memang aku siapa? Selebriti? :D) tapi senang saja saat didekati dan disapa : kakak, kak Maria, ya.., aku yang beli buku kakak…,’ dengan senyum lebar, sebelum nonton bareng beberapa ngajak nonton bareng:  atau kakak nonton di mana, bareng yuk, biar ketemu kakak.’  Itu rasanya luar biasa!!’ Meski dalam lingkup kecil, hanya sebatas para penggemar westlife, aku merasa karyaku dihargai, dan layak dibaca juga dinikmati.

 Nita, Qorry and meeehhh - my two of four first readers 
@Blitz - Westlife Farewell Concert 28th July 2012

My Best friend Nurie with her Three Rose Trilogy


 Qorry, one of my first reader ever !

      Terakhir mendapat kabar bahwa dua serial dari Trilogy Rose-ku oleh salah satu pembacaku  akan dijadikan parsel seserahan saat menikah November nanti. Dia memang sudah membeli ketiga serinya, dan telah membaca seri pertamanya, tapi saat akan membuka dan membaca seri kedua dan ketiganya, diurungkan dan diputuskan untuk dijadikan parsel seserahan pernikahannya, dan baru akan dibuka serta dibaca setelah pernikahannya. Surprised dan honered, mendengarnya, dan aku hanya bisa bilang, terima kasih banyak, merupakan sanjungan yang tak ternilai rasanya  . 


Semua ini, berkat bantuan Nulisbuku, tanpa nulis buku aku tidak akan dapat menerbitkan naskahku, tidak ada Rose Trilogy yang kini sudah dikenal di kalangan westlifer Indonesia, dan tidak dapat merasakan memegang buku sendiri dengan namamu tertulis di covernya. Meski sempat terhalang dengan dilemma boleh tidaknya sebuah naskah fanfic diterbitkan, aku tidak menyerah. Bukan karena westlife yang kini sudah bubar (jauh dari keinginanku westlife , ataupun ingin melanggar peraturan sebuah fanfiksi, tapi aku merasa aku tidak merugikan siapa-siapa (pemilik nama ataupun pemilik nama tokoh rekayasa) , justru banyak orang yang terhibur dengan bukuku, bahkan membuat para westlifer mengenang Westlife yang telah memutuskan untuk membubarkan diri. Dan  Karena aku ingat apa yang dikatakan Mas Ega : ‘jangan kau pikirkan apa yang orang lain katakana, tapi nikmatilah, memegang buku yang kau tulis sendiri dengan nama mu tertulis di covr novelmu’.

Saat ini aku sedang menyelesaikan naskah novel kelima dan keenamku – bukan Fanfiksi apapun , mudah-mudahan bisa cepat selesai dan dapat diterbitkan kembali ke nulis buku. AMIN


TERIMA KASIH NULIS BUKU !!!! LOVE YOU SO MUCH!!!!!

2 comments: